Apa Itu Menarche ?

Menarche adalah menstruasi pertama yang berlangsung sekitar umur 10 –11 tahun. Rangsangan pancaindera diblok pubertas inhibitor (Nucleus Amigdele) melalui criteria terminalis menuju hipotalamus yang terhindar dari“Pubertas Precock”. Menarche adalah peristiwa menstruasi yang dialami seseorang untuk pertama kali (biasanya antara usia 10-16 tahun).

menarche 570x535Berdasarkan teori tersebut dapat disimpulkan bahwa usia menarche adalah usia seorang wanita yang mengalami haid pertama kali yang ditandai dengan adanya perdarahan dari rahim, karena pengaruh hormonal dan sebagai tanda seorang wanita telah memasuki usia dewasa dan mengalami puber dari segi biologis.
Sebagian besar menarche berlangsung tanpa diikuti ovulasi pada tahun pertama. Menarche ini sangat penting untuk memberikan kesempatan yang cukup agar tanda seks “sekunder perempuan” berkembang dengan baik. Kini usia menarche pada anak perempuan makin rendah seiring dengan derasnya arus informasi melalui media massa, TV dan lainnya yang meningkatkan rangsangan panca indera.
Menstruasi adalah perubahan fisiologis berupa peristiwa keluarnya cairan darah dari vagina sorang wanita karena luruhnya lapisan endometrium (dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah) secara berkala yang dipengaruhi oleh hormon-hormon reproduksi (FSH – LH, GnRH, Estrogen, Progesteron). Menstruasi merupakan peristiwa pendarahan secara periodik dan siklik (bulanan) dari rahim disertai pelepasan selaput lendir rahim (endometrium) melalui vagina pada wanita yang seksual dewasa.
Usia saat menarche ada yang berusia 12 tahun saat ia mendapat mens pertama kali, tetapi ada juga yang berusia 8 tahun sudah memulai siklusnya. Ada juga pada usia 16 tahun baru mendapat menstruasi. Usia saat seorang anak perempuan mulai mendapat mens sangat bervariasi. Terdapat kecenderungan bahwa saat ini anak mendapat mens yang pertama kali pada usia yang lebih muda. Mestruasi pada masa puber biasanya tidak sebanyak pada wanita dewasa, hal ini karena pertumbuhan uterus belum mencapai kematangan yang sempurna dan respon estrogen belum adekuat. Masa puber awal dimulai pada umur kurang lebih 14 tahun dan berkhir pada usia 17 tahun. Pubertas anak gadis umumnya berlangsung lebih awal dari anak laki-laki.
Mundell, menuliskan dalam HealthDay News, bahwa suatu penelitian baru menemukan, overweight dan obesitas pada anak-anak perempuan muda, tampaknya mempercepat pubertas. Penelitian tersebut menduga bahwa obesitas pada masa anak membantu timbulnya pubertas dini dan masalah berat badan pada usia dewasa. Saat terjadinya haid pertama kali merupakan suatu konsekuensi. Pada kenyataannya, wanita yang mengalami overweight sebelum melalui periode pertama mereka, 7,7 kali lebih besar untuk mengalami overweight pada usia dewasa dibandingkan dengan wanita yang tidak overweight. Artinya bahwa para orang tua dari anak-anak perempuan yang mengalami menarche dini, yaitu antara usia 10-11 tahun, dibandingkan dengan rata-rata di Amerika Serikat yaitu pada usia 12,5 tahun, seharusnya tidak perlu khawatir bahwa anak-anak perempuan mereka akan menderita obesitas pada usia dewasanya. Menarche dini mungkin hanya bagian dari proses tumbuh-kembang yang normal.

Rujukan :
Dewi, Kala Haid Tiba., www.bkkbn.go.id. 14 Januari 2016.
Manuaba, I.B.G., 2008, Gawat Darurat Obstetri, Ginekologi, Dan Obstetri
Ginekologi, EGC, Jakarta.
By : Prodi DIII Kebidanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *