Curhatan Akhawat Kebidanan

Masih dengan rutinitas yg sama, perasaan bersemangat, capek, lelah, bosan, semua menyatu menjadi LUAR BIASA.

Yupz.. inilah rutinitas mahasiswi STIKes Madani Kebidanan V, di semester ini kami calon bidan-bidan tangguh melaksanakan praktik klinik selama 4 bulan, waktu yg singkat namun bukan juga waktu yg sebentar, terasa singkat karena dikejar-kejar askeb, LP, Seminar Kasus, Proposal, KTI, Ujian Tryout Ukom, waaaaah…. banyak juga, berasa waktu yg mengejar kami, hemmm namun ada kala nya waktu berasa lamaaaa sekali, kami merasa bosan, capek, lelah, pusing, ingin pulang, ingin refreshing, kangen tidur di asrama MADANI…bla..blaa.. semua keluh kesah terlontar, terlepas dari semuanya kami berharap output yg dihasilkan bisa memuaskan, karena sesungguhnya

KEBERHASILAN DAN KEAJAIBAN ADALAH KATA LAIN DARI KERJA KERAS

Tiga bulan sudah terlewati, satu bulan tersisa, tinggal selangkah lagi bukan??
keep fight, keep istiqomah.. tunjukan semangat luar biasamu, MADANI LUAR BIASA…

Selalu berdoa diiringi dengan ikhtiyar, selanjutnya kita serahkan semuanya, bertawakkal kepada alloh ’azza wa jalla.. semoga diberi kemudahan dan kelancaran dalam setiap urusan kita.. aamiin

‪#‎Salam‬ manis Kebidanan V STIKes Madani Yogyakarta

Itulah sebait karangan mahasiswi kami, yang menurut saya itu adalah bentuk dari curahan hati bagaimana meraih sukses yang sebenarnya. Mahasiswi prodi DIII Kebidanan semester I, semester III dan semester V, semuanya sedang terjun di lahan praktik. Inilah kelebihan dari prodi kami, mulai dari semester I sudah terjun ke lahan praktik untuk praktik KDK I.

Tempat praktik kilinik semester I kali ini di beberapa RS (RSUD Pacitan, RSUD Soetidjono Blora, RSUD Cepu, dan RS Nurhidayah Bantul) dilaksanakan selama empat minggu. Seperti namanya yaitu praktik KDK I, sehingga mahasiswi kami diterjunkan di bangsal umum, selain bangsal kebidanan untuk memenuhi target laporan mereka. Diterjunkan mulai dari semester I dengan alasan agar memenuhi target keterampilan DIII Kebidanan dan harapannya dapat lulus dengan kompeten nantinya.

Sementara semester III melaksanakan pra Praktik Klinik Kebidanan I (PKK I) kali ini di 13 Puskesmas di Kabupaten Bantul (Puskesmas Dlingo I, Piyungan, Banguntapan II, Jetis I, Pleret, Sewon I, Kasihan I, Pandak I, Pajangan, Srandakan, Sanden, Bambanglipuro, Pundong, ) yang dilaksanakan selama empat minggu. Teori tentang kehamilan, persalinan, nifas, neonates, bayi dan anak balita yang fisiologis semuanya sudah didapatkan, sehingga tepat sekali apabila ditempatkan di Puskesmas-puskesmas. Seperti kita ketahui bahwa peraturan sekarang yaitu puskesmas sebagai layanan kesehatan tingkat pertama, sehingga banyak ibu hamil dan bersalin yang datang ke puskesmas.

Beda lagi dengan semester V, yang tentunya semua teori baik fisiologis maupun patologis sudah didapat. Tempat praktik mereka di RSUD dan BPM (Bidan Praktik Mandiri), diantaranya RSUD Soetidjono Blora, RSUD Cepu, BPM Sri wahyuni, BPM Sudaryati, RB Asih Waluyo Jati, BPM Genit Indah, BPM Witri Suhartanti, BPM Rustri Nuryanti, BPM Yustina Sri Widati, BPM Nurlia Amron, RB Mitra Husada, dan BPM Sularsi. Sengaja kami memilih lahan praktik tersebut, dimana mereka Insya Allah mendapatkan target yang diharapkan dan sklill mereka juga terasah dengan baik karena lahan tersebut merupakan lahan yang betul-betul kami pertimbangkan untuk dijadikan lahan praktik.

Kurang lebih seperti itulah gambaran praktik klinik kebidanan di Prodi DIII Kebidanan STIKes Madani. Bagi yang mau bergabung untuk kuliah di kampus “rasa pesantren” ini, kami siap membantu Anda untuk menjadi Bidan yang Islami, Cendekia, Profesional.

By : Prodi DIII Kebidanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *