Profil

TERAKREDITASI BAN-PT

Program studi D-III Kebidanan STIKes Madani Yogyakarta dengan tujuan untuk mendidik mahasiswi menjadi bidan professional yang berakhlak sesuai syariat islam dan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, memiliki kemampuan untuk mengembangkan teknologi kebidanan dan menangani masalah kesehatan khususnya kesehatan reproduksi serta mampu mengikuti arus globalisasi. Dasar penyelenggaraan pendidikan, yakni SK Mendiknas No. 148/D/O/2009.

LABORATORIUM KEBIDANAN

Membekali mahasiswa untuk menjadi tenaga Bidan yang Profesional dengan ketrampilan Praktek Mandiri sangatlah penting, untuk itu STIKes Madani Yogyakarta menyediakan fasilitas untuk kegiatan Praktek Mandiri di Lab Kebidanan sehingga dapat menunjang Kegiatan belajar bagi Mahasiswa dan Dosen.

  1. Lab. ANC
  2. Lab. INC
  3. Lab. IPC
  4. Lab. Asuhan Neonatus
  5. Lab. Bayi dan Balita
  6. Lab. Kesehatan Reproduksi
  7. Lab. KB
  8. Lab. KDPK
  9. Lab. Mikrobiologi
  10. Lab. Farmakologi

 

KURIKULUM PROGRAM STUDI D III KEBIDANAN

  1. Dasar Penyelenggaraan

Stikes Madani Yogyakarta mendapat izin operasional berdasarkan SK Mendiknas dengan No. 148 / D / O / 2009

  1. Dasar Penerapan Kurikulum Berbasis Kompetensi Diploma III Kebidanan STIKes Madani Yogyakarta

Pembuatan kurikulum operasional (KUROPS) pada Program Studi Ilmu Kebidanan D3 STIKes Madani Yogyakarta, didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 0310/U/1994 tentang Sistem Penyelenggaraan Pendiddikan Sarjana Kebidanan dan Kepmendiknas Nomor 232/U/2000 tentang Kurikulum dan Penilaian Hasil Belajar serta 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Perguruan Tinggi.

Program Studi Kebidanan D3 Stikes Madani Yogyakarta yang pelaksanaannya, mahasiswa diwajibkan menempuh selama 6 (enam) semester atau 3 tahun yang terintegrasi antara akademik dan profesi kebidanan (praktek kebinanan).

  1. Profil lulusan

Pendidikan Diploma III Kebidanan merupakan bagian dari jenjang pendidikan tinggi tenaga kesehatan yang menghasilkan tenaga bidan profesional pada tingkat Ahli Madya yang lulusannya mendapat gelar Ahli Madya Kebidanan yang mampu berperan sebagai:

Care Provider

Seseorang yang mampu memberikan asuhan kebidanan secara efektif, aman dan holistik serta bermutu tinggi pada perempuan dan anak secara komprehensif dan berkelanjutan dalam siklus reproduksinya sebagai individu sekaligus menjadi bagian dari keluarga, masyarakat dan budaya dengan menggunakan prinsip partnership, trust, filosofi, standar praktik bidan, etika, kode etik profesi dan aspek legal.

Community Leader

Seseorang yang mampu menjadi penggerak dan pengelola masyarakat dalam mengidentifikasi dan merekonsiliasi kebutuhan individu dan masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan reproduksi perempuan dengan menggunakan prinsip partnership dan pemberdayaan masyarakat.

Communicator

Seseorang yang mampu mempromosikan gaya hidup sehat dengan kerjasama yang baik, memberikan penjelasan, pendidikan kesehatan dan advokasi sehingga dapat memberdayakan individu dan kelompok untuk dapat memelihara dan meningkatkan kesehatannya.